Bersyukur Mengabdi pada Almamater Tercinta “SMPN 1 Kertosono”

Mengabdi pada almamater tercinta, sungguh di luar ekspektasi. Namun berkat kehendak dan campur tangan-Nya membuatku harus mengabdi di sekolah ini. Sebelumnya selama kurang lebih tujuh taun merantau di salah satu kecamatan yang terletak dilereng gunung Wilis. Di tahun 2019 ini genap tiga tahun mengabdi di sini.

Mengampu mata pelajaran Bahasa Jawa yang merupakan beban berat di pundakku, karena tidak hanya mendidik. Membentuk karakter siswa dengan bertata krama sesuai adat ketimuran merupakan tantangan tersendiri di era millenial ini. Pengalaman pertama mengajar di sekolah ini terasa sangat berbeda dengan di sekolah sebelumnya.  Kesan yang terjadi adalah Bahasa Jawa dianggap seperti bahasa asing. Kondisi tersebut sangat didukung dengan pembiasaan orang tua yang jarang menggunakan Bahasa Jawa sebagai pengantar berbahasa mereka dalam keseharian. Namun, inilah tantangan yang harus dihadapi. Saya berusaha memasuki ranah pergaulan anak-anak dengan menyisipkan berbagai karakter dan ilmu pembiasaan dalam Bahasa Jawa yang sesuai dengan kebiasaan mereka. Selain itu saya sering mengajak anak-anak untuk mengaitkan pengetahuan milenial mereka dengan pemanfaatan teknologi informasi. Alhamdulillah alhasil sampai dengan saat ini anak-anak merasa sangat nyaman dan merasa terbimbing dengan kehadiran saya di tengah-tengah mereka.

Hal yang paling berkesan ketika pertama kali masuk di sekolah ini di tahun 2016, saya sempat membimbing salah satu anak didik yang berprestasi dalam materi tembang Jawa. Dengan sedikit bimbingan, saya bisa mengantarkan siswa tersebut meraih juara ke-3 dalam event festival sindhenan yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Nganjuk. Selalu bersyukur mengabdi pada almamater sampai dengan detik ini. Selama masih diberikan nafas oleh-Nya, semoga selalu bisa berguna. Selalu siap dan semangat menjalankan amanah dari-Mu untuk mendampingi siwa-siswi generasi penerus bangsa.

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.