Mengenal lebih jauh SMP NEGERI 1 SAWIAT kabupaten Sorong Selatan Papua barat

Letak Geografis SMP Negeri 1 Sawiat terletak di Kampung Wenslolo, Distrik Salkma. Dengan memperhatikan kondisi riil SMP Negeri 1 Sawiat yang berada di lingkungan penduduk yang sudah  maju dibanding dengan sebagian daerah lain di Kabupaten Sorong Selatan, maka pengembangan kurikulum juga harus disesuaikan dengan kondisi tersebut.

Keadaan guru jumlah guru matematika 1 orang, guru IPA 2 orang, PPKn 2 orang,  guru IPS 2 orang, guru bahasa Inggris 1 orang, guru bahasa Indonesia 1 orang, guru agama kristen 1 orang, guru PJOK 1 orang. Kondisi sekolah terletak di daerah terpencil kota masukan profil sekolah.

Kurikulum SMP Negeri 1 Sawiat disusun agar sekolah memiliki pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran dan pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Oleh sebab itu pengembangan Kurikulum SMP Negeri 1 Sawiat memperhatikan unsur-unsur sebagai berikut :

  1. Peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia

Keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik secara utuh. Kurikulum yang disusun memungkinkan semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman dan takwa serta akhlak mulia. Khusus untuk peningkatan keimanan dan ketakwaan ini di SMP Negeri 1 Sawiat, Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik. Kurikulum SMP Negeri 1 Sawiat disusun dengan memperhatikan keragaman potensi, minat, kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan kinestetik peserta didik agar dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya yang mencakup domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

  1. Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan

Daerah Sorong Selatan memiliki keragaman potensi, kebutuhan, tantangan, dan keragaman karakteristik lingkungan, oleh karena itu kurikulum SMP Negeri 1 Sawiat memuat keragaman tersebut untuk menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan daerah, terutama dalam bidang seni dan peduli lingkungan, serta keterampilan sesuai dengan tuntutan Kompetensi Dasar pada mata pelajaran Prakarya.

  1. Tuntutan pembangunan daerah dan nasional

Pengembangan kurikulum SMP Negeri 1 Sawiat memperhatikan keseimbangan tuntutan pembangunan daerah dan nasional yang ditunjukkan dengan adanya Prakarya Pertanian budi daya dan pengolahan hasil Pertanian, utamanya pala sebagai tanaman  unggulan kabupaten Sorong Selatan, yang merupakan kebutuhan Kabupaten Sorong Selatan. Tetapi tidak melupakan kebutuhan Nasional dan global yang ditandai dengan adanya pembinaan  yang lebih ke arah praktis.

  1. Tuntutan dunia kerja

Kurikulum SMP Negeri 1 Sawiat harus memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik dan kebutuhan dunia kerja, khususnya bagi mereka yang tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di antaranya ialah program Mulok yang terintegrasi dalam mata pelajaran.

  1. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni

Kurikulum SMP Negeri 1 Sawiat dikembangkan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta perubahan kurikulum yang berlaku.

  1. Agama

Kurikulum SMP Negeri 1 Sawiat dikembangkan untuk meningkatkan toleransi dan kerukunan umat beragama, dan memperhatikan norma agama yang berlaku di lingkungan sekolahsesuai dengan kompetensi Inti yang diharapkan.

  1. Dinamika perkembangan global

Kurikulum SMP Negeri 1 Sawiat dikembangkan agar peserta didik mampu bersaing secara global dan dapat hidup berdampingan dengan bangsa lain dengan membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan minatnya, agar mereka mampu mengembangkannya secara mandiri di dunia nyata/kehidupan sehari-hari.

  1. Penerapan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian autentintik dengan mancakup domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
  2. Pengembangan kegiatan ekstra kurikuler yang dapat mengembangkan potensi diri peserta didik, serta pengembangan kegiatan pramuka sebagai ekstra kurikuler wajib yang harus diikuti.
  3. Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan

Kurikulum SMP Negeri 1 Sawiat dikembangkan mendorong wawasan dan sikap kebangsaan dan persatuan nasional untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  1. Kondisi sosial budaya masyarakat setempat

Kurikulum SMP Negeri 1 Sawiat dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik sosial budaya masyarakat setempat dan menunjang kelestarian keragaman budaya

  1. Kesetaraan Gender

Kurikulum SMP Negeri 1 Sawiat diarahkan kepada pendidikan yang berkeadilan dan mendorong tumbuhkembangnya kesetaraan gender

  1. Karakteristik satuan pendidikan

Kurikulum SMP Negeri 1 Sawiat dikembangkan sesuai dengan visi, misi, tujuan, kondisi, dan ciri khas satuan pendidikan.

  1. Integrasi Nilai-nilai Karakter Bangsa

Kurikulum SMP Negeri 1 Sawiat dikembangkan dengan mengitegrasikan nilai-nilai karakter bangsa dalam dokumen dan implementasinya baik dalam pembelajaran di kelas maupun dalam kehidupan sekolah ataupun dalam lingkungan kehidupan di luar sekolah.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.