Pengalaman Mengikuti WORKSHOP IT

                                             Pengalaman Mengikuti Workshop IT

                   Hari Senin, 16 September 2019 pegawai TU sekolah masuk ke ruang kelas saya dengan membawa map merah. Saya buka, ternyata surat perjalanan dinas dan surat keterangan workshop yang harus diikuti. Saya senang , karena letak tempat diadakan workshop tidak begitu jauh dari sekolah.

                    Hari Selasa saya berangkat workshop sekitar jam 8.00. Hari pertama pembukaan, ada pengantar dari Ibu Sri Lestari tentang workshop dengan tema “Fasilitasi Pemanfaatan Jejaring TIK Pendidikan. Sebenarnya saya tidak begitu percaya diri untuk mengikuti workshop ini, karena pengetahuan saya yang minim tentang IT. Tapi saya berharap ingin bisa dan bisa membuka wawasan tentang IT, akhirnya saya niatkan saja untuk belajar. Warming up dari Bu Sri tentang dunia IT cukup mengena dan bisa membuka cakrawala saya tentang perkembangan dunia IT. Ini membuat saya lebih bersemangat untuk belajar IT di dunia pendidikan. Setelah Bu Sri menyampaikan materinya, giliran Pak Ali menyampaikan materinya . Ternyata sebelum Pak Ali menyampaikan materi, Pak Ali ini memberi soal pretest dulu sebanyak 20 soal multiple choice. Setelah mengerjakan soal-soal tersebut, ternyata score nilai bisa langsung kita lihat. Dan…oh my God, score nilai saya hanya 45. Tapi tidak masalah, memang begitu adanya kemampuan dan wawasan saya tentang IT. Ketika Pak Ali melihatkan rating nilai nilai peserta workshop, memang rata-rata nilai peserta workshop paling banyak adalah dengan nilai 45.

Kemudian Pak Ali menyampaikan materinya tentang Google drive dan manfaatnya serta bagian-bagiannya. Kami diajari joint at www.kahoot.it. Kami diminta membuat soal, dan salah satu dari kami mempresentasikan soal soal tersebut. Kami mendapat skor. Dan yang mendapat skor tertinggi mendapat souvenir dari Pak Ali. Kami senang mengikuti materinya. Saya sendiri ingin menerapkan materi ini untuk murid-murid saya nanti. Materi Pak Ali berakhir sekitar pukul 14.30. Kami berkemas pulang.

                  Hari kedua workshop, Rabu, 18 September 2019. Jam pertama masih materi dari Pak Ali tentang google drive, google form, akun gmail. Dikatakan Pak Ali, akun gmail mempunyai kelebihan bisa mengakses banyak file atau folder yang mempunyai istilah single side on. Sedangkan Google drive adalah layanan penyimpanan yang disediakan gmail yang memberi kuota gratis sebesar 15 Gb. Dan dikatakan google drive mempunyai keuntungan antara lain 1) bisa menyimpan file yang besar 2) bebas virus. Tapi ini mempunyai persyaratan harus ada akses internet. 

                    Sekitar jam 10.00, Pak Ari datang untuk menyampaikan materi tentang google form. Pak Ari mengajari kami tentang alamat di google drive yaitu dengan membuat gg.gg/arie-bpmtpk. Kami membuat alamat kami sendiri, dan saya mempunyai alamat gg.gg/rini-sedatiagung. Setelah itu kami mencoba membuat profil sekolah kami masing-masing, untuk selanjutnya dibuat kolaborasi sehingga semua dari kami bisa membaca profil sekolah kami masing-masing.Tapi ternyata mungkin karena jaringan sedang dipakai banyak orang, sehingga profil sekolah saya sulit sekali dimasukkan dalam kolaborasi, loading…terus. Sampai hampir putus asa. Sekitar pukul 14.00 Pak Ari, mengakhiri materinya. Saya pulang agak kecewa dengan materi hari itu yang belum begitu saya pahami. Dan saya berjanji untuk datang lebih awal untuk hari ketiga workshop untuk bisa memasukkan profil sekolah saya.

                     Hari ketiga workshop Kamis, 19 September 2019 , saya datang awal untuk berusaha memasukkan profil sekolah…dan eh ternyata bisa, alhamdulillah. Hari ini Pak Ari memberi tugas menulis tentang 1) pengalaman mengikuti workshop 2) pengalaman mengajar  dan profil sekolah. Ternyata server di tempat workshop sedang ngadat, jadi lapto saya hanya berputar putar terus untuk daftar ke gg.gg/weblog. Sedih rasanya. Ya udah biar saja, saya lebih baik membuat tulisan di word saja sambil menunggu loading selesai.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.