Profil Sekolah ” SMP Negeri 2 Doko ” – Blitar.

PROFIL SEKOLAH  SMP NEGERI 2 DOKO – BLITAR

 

PROFIL SMP NEGERI 2 DOKO - BLITAR

 

     SMP Negeri 2 Doko secara geografis terletak di daerah kawasan Blitar utara. Suatu kawasan yang di kenal dengan wilayah perkebunan cengkih Brangah Banaran, tepatnya berada di Desa Genengan, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar. Daerah ini berhawa sangat dingin sehingga cocok digunakan sebagai lokasi perkebunan. Ada beberapa perkebunan di wilayah Doko, antara lain: perkebunan cengkih, teh dan kopi.

     SMP Negeri 2 Doko merupakan sekolah yang berada di jantung kota Kecamatan Doko, sehingga kesempatan ini merupakan potensi dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk bidang pendidikan. Minat masyarakat untuk memperoleh layanan pendidikan cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan tumbuhnya sekolah-sekolah dasar dan menengah yang semakin maju dikawasan ini. Keinginan masyarakat untuk memperoleh layanan pendidikan yang layak dan bermutu semakin hari semakin meningkat, khususnya untuk memilih pendidikan di SMP Negeri 2 Doko sangat tinggi. Setiap tahun jumlah pendaftar di SMP Negeri 2 Doko bisa mencapai 300 siswa. Namun karena pagu dan daya tampung hanya 200 siswa setiap tingkat kelas, maka sebagian masyarakat  memilih alternatif untuk pendidikan putra-putrinya di sekolah lain.

 

 

Saat ini SMP Negeri 2 Doko menyelenggarakan pendidikan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yaitu Kurikulum SMP Negeri 2 Doko, namun dalam penerapannya belum berjalan dengan maksimal. Proses pembelajaran belum sepenuhnya menerapkan Contextual Teaching and Learning (CTL), pembelajaran belum sepenuhnya interaktif, belum efektif, belum inovatif dan beberapa guru belum berupaya menyenangkan bagi peserta didik. Sebagian guru masih banyak menggunakan metode ceramah dengan satu arah, dan masih ditambah dengan cara pandang guru yang mengajar adalah hal yang biasa-biasa saja. Namun beberapa guru sudah memiliki Laptop pribadi sehingga mereka mengajar menggunakan peralatan multi media seperti Laptop, LCD Proyektor, dan ditambah dengan program aplikasi Power Point.

Video ini dapat anda lihat di sini

 

Kepala Sekolah saat ini adalah berlatar belakang pendidikan S-2 (Magister Pendidikan). Kegiatan pembelajaran ditangani oleh tenaga pengajar sejumlah 38 guru PNS, dan 6 guru tidak tetap (GTT). Kualifikasi pendidikan guru terdiri dari 7 orang guru S-2, dan lainnya S-1, serta minimal Diploma 2. Untuk memperlancar kegiatan administrasi sekolah, SMP Negeri 2 Doko didukung dengan 4 orang tenaga administrasi yang terdiri dari 2 orang PNS, dan 2 orang pegawai tidak tetap (PTT). Persiapan perangkat kurikulum dan perangkat pembelajaran guru secara global sudah cukup, namun dari segi inovasi dan kreatifitas tentunya masih perlu untuk terus ditingkatkan dan dikembangkan agar memperoleh hasil lebih optimal. Buku-buku pelajaran dan buku referensi juga perlu untuk terus ditambah mengingat jumlah siswa yang begitu besar (690), agar perolehan nilai standar ketuntasan minimal belajar terus meningkat.

Sarana prasarana pendidikan di sekolah tergolong cukup memadai untuk mencapai standar pelayanan minimal pendidikan misalnya : jumlah ruang kelas belajar, mebelair, laboratorium IPA, , Laboratorium Komputer,  perpustakaan, sarana olah raga, sarana untuk pengembangan jiwa seni peserta didik. Peralatan pembelajaran juga sudah cukup maju seperti Laptop. Komputer, LCD Proyektor, CD pembelajaran IPA, Bahasa, Olah Raga, IPS dan lain-lain.  Namun juga masih perlu untuk terus dikembangkan baik kualitas maupun kuantitasnya agar dapat mencapai hasil yang maksimal.

Kondisi lingkungan sekolah masih perlu peningkatan dalam hal budaya kebersihan, budaya sehat, kebiasaan membuang sampah dan budaya hemat energi baik listrik, air, telepon sangat perlu untuk terus ditingkatkan, Sehingga segera terwujud lingkungan sekolah yang “green and clean” serta nyaman sebagai lingkungan belajar.

Tata letak gedung dan bangunan yang ada di SMPN 2 Doko masih belum teratur dengan indah, sehingga masih belum memiliki wajah yang asri. Hal ini membutuhkan pengaturan kembali tata letak gedung (revitalisasi) agar menjadi teratur, rapi dan indah.

Dukungan dan partisipasi masyarakat berjalan cukup baik, terbukti dengan peran serta komite sekolah yang sangat aktif dalam memberikan kontribusi baik berupa materiil yaitu dukungan pendanaan maupun spiritual yang berupa saran dan masukan.

Secara umum kondisi pendidikan di SMP Negeri 2 Doko masih sangat perlu untuk terus ditingkatkan dan dikembangkan agar secara perlahan dapat memenuhi standar nasional pendidikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.