SMPN 1 SUMENEP

1.   Sejarah UPT SMPN 1 Sumenep

  1. Masa Awal Pendirian

UPT SMP Negeri 1 Sumenep merupakan satu-satunya sekolah yang tertua di kabupaten Sumenep dari beberapa sekolah lama di Sumenep. Sekolah ini berada sekitar 2 km dari pusat kota Sumenep tepatnya di Jl Payudan Barat no. 7 desa Pabian kecamatan Kota Sumenep dan dulu kampungnya dikenal juga dengan nama Panglegur. Letaknya yang strategis untuk tempat pendidikan karena jauh dari keramaian, namun terjangkau untuk akses kendaraan dan dikelilingi komplek pemukiman, membuat sekolah ini menjadi sekolah favorit di Sumenep.

Gedung sekolah ini didirikan pada zaman penjajahan Belanda yaitu sekitar tahun 1927 pada waktu itu bernama HIS (Hollands Indische School), yaitu sekolah setingkat SMP yang digunakan sebagai tempat bersekolah anak-anak Belanda dan anak-anak pejabat di Sumenep pada saat itu.

HIS ini terus berlangsung sampai sekitar tahun 1945 setelah masa merdeka menjadi sekolah negeri pertama di Sumenep. Hal ini dapat dilihat dari buku induk siswa pertama tertanggal 1 Juli 1945. Selain itu, sebagai sekolah tertua, maka bangunan di bagian depan yang masih asli bangunan Belanda dijadikan sebagai cagar budaya, sehingga tidak dapat direnovasi begitu saja.

Adapun kepala sekolah yang pernah bertugas dan membesarkan UPT SMP Negeri 1 Sumenep adalah sebagai berikut :

1)                                         masa jabatan 19    s.d. 19

2) R. Djojo Subroto                 masa jabatan 1961 s.d. 1963

3) Moh. Tabrani                      masa jabatan 1963 s.d. 1975

4) Sjamsuri, BA                       masa jabatan 1975 s.d. 1983

5) Moh. Arif, BA.                     masa jabatan 1983 s.d. 1988

6) Hosnijah Danfiah                 masa jabatan 1988 s.d. 1995

7) H. Fathorrasjid                    masa jabatan 1995 s.d. 1997

8) Dra. R. Soeharmini               masa jabatan 1997 s.d. 2004

9) Drs. Akhmad Nurhadi, M.si    masa jabatan 2004 s.d. 2005

10) H. Abd. Rasjid, BA.             masa jabatan 2005 s.d. 2006

11) Drs. H. Faridj Wadji            masa jabatan 2006 s.d. 2007

12) H. RB. Nurul Hamzah, M.Pd.          masa jabatan          2007 s.d. 2011

13) H. Mohammad Arif, SE.S.Pd.         masa jabatan 2011 s.d. sekarang

  1. Sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN)

Sekolah Standar Nasional (SSN) merupakan sekolah yang telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP), yang berarti memenuhi tuntutan Standar Pelayananan Minimum (SPM) sehingga diharapkan mampu memberikan layanan pendidikan yang standar dan menghasilkan lulusan dengan kompetensi sesuai standar nasional yang ditetapkan.

Seleksi sekolah calon SSN dilakukan oleh Direktorat PSMP berdasarkan mekanisme penilaian dan verifikasi sebagai bagian dari proses seleksi. Berdasarkan hasil seleksi, UPT SMP Negeri 1 Sumenep mulai tahun pelajaran 2004/2005 menandatangani kontrak perjanjian pelaksanaan kegiatan sebagai calon SSN dengan Direktorat PSMP sebagai jaminan pelaksanaan program yang sesuai dengan usulan terdapat dalam RPS disertai dengan bantuan dana (block-grant) untuk mendukung kelancaran proses kegiatan.

Monitoring dan Evaluasi (ME) dilakukan setiap akhir tahun pelajaran sebagai wujud pembinaan Direktorat PSMP, Dinas Pendidikan Propinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/kota bagi sekolah penerima block- grant SSN. Tiga tahun pelaksanaan kontrak perjanjian block-grant berjalan lancar dan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi, maka tanggal 26 Desember 2005, UPT SMP 1 Sumenep ditetapkan sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN) melalui Surat Keterangan/sertifikat dari Direktorat Pembinaan SMP Nomor 2270/C3/LL/2005.

  1. Sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)

Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) merupakan sekolah yang sudah memenuhi seluruh Standar Nasional Pendidikan (SNP) dan diperkaya dengan mengacu pada standar pendidikan salah satu negara anggota Organization for Economic Coperation and Development (OECD) atau negara maju lainnya yang mempunyai keunggulan tertentu dalam bidang pendidikan, sehingga memiliki daya saing di forum internasional.

Sesuai dengan konsepsi SBI di atas, maka dalam upaya mempermudah sekolah memahami dan menjabarkan secara operasional dalam penyelenggaraan pendidikan yang mampu menjamin mutunya bertaraf internasional, maka dapat dirumuskan bahwa SBI pada dasarnya merupakan pelaksanaan dan pemenuhan delapan unsur SNP sebagai indikator kinerja kunci minimal (delapan unsur) dan indikator kinerja kunci tambahan (berbagai unsur x).

Penyelenggaraan SBI diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN 20/2003) Pasal 50 ayat (3) yang menyatakan bahwa “pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan bertaraf internasional”

Untuk memenuhi UUSPN 20/2003 Pasal 50 ayat (30) di atas, tahap awal (tahun 2008) pemerintah melalui Direktorat Pembinaan SMP menetapkan 100 SMP se-Indonesia termasuk UPT SMP Negeri 1 Sumenep menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan menjadi satu-satunya SMP di Sumenep yang dirintis sebagai RSBI di tahun kedua seleksi RSBI (SK Dir.PSMP No. 954/C3/KP/2008)

Tiga tahun berjalan UPT SMP Negeri 1 Sumenep berupaya memenuhi IKKM dan IKKT mulai dari Pemenuhan Akreditasi Sekolah, standar kurikulum, standar pembelajaran, pemenuhan sarana maupun pembiayaan, dilaksanakan secara bertahap dan dengan skala prioritas, sehingga mudah-mudahan dalam waktu tidak lama ditetapkan menjadi SBI. Sedangkan akreditasi yang dicapai SMPN 1 Sumenep dengan nilai 95,53.

  1. Visi, Misi dan Motto
  2. a) Visi

Cerdas, terampil, berbudaya, religius dan mampu berkompetisi secara global

  1. b) Misi
  2. Mengembangkan sistem pembelajaran inovatif, kreatif dan berwawasan internasional
  3. Menerapkan strategi pembelajaran berbasis IT, untuk menumbuhkan keterampilan siswa dalam mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
  4. Mewujudkan fasilitas sekolah yang relevan, canggih, dan bertaraf internasional
  5. Mewujudkan pembiayaan pendidikan yang memadai dan adil sesuai tuntutan pendidikan bertaraf Internasional
  6. Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif baik fisik maupun psikis bagi terselenggaranya proses pendidikan yang bermutu internasional
  7. Mewujudkan sekolah sehat, bersih, indah dan nyaman
  8. Meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai ajaran agama dalam kehidupan seharii-hari
  9. Mengembangkan jaringan dan kerjasama program dengan pihak lain baik dalam dan luar negeri
  10. Mengembangkan manajemen berbasis kebutuhan sekolah yang efektif, dan efisien
  11. Mewujudkan dan mengembangkan potensi siswa sehingga mampu bersaing secara nasional dan internasional.
  12. c) Motto

Pelayanan optimal, prestasi maksimal.

  1. Program Unggulan UPT SMPN 1 Sumenep

UPT SMP Negeri 1 Sumenep sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional  mempunyai program unggulan sebagai berikut :

  1. a) Home Visit oleh Guru BP dan Wali Kelas

Guru BP dan Wali Kelas mengadakan kunjungan ke siswa binaannya atau yang bermasalah untuk mengetahui secara langsung latar belakang daripada siswa

  1. b) Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sekolah

(MGMPS), sebagai wahana peningkatan kompetensi guru mata pelajaran.

  1. c) Students Experienced Learning

Siswa melaksanakan pembelajaran dengan terlibat langsung atau mengalami di sumber belajar.

Students Experienced Learning dilaksanakan pada Mn/jam sesuai dengan jadwal mata pelajaran/guru mata pelajaran yang akan mengadakan kunjungan ke sumber belajar (stasiun radio, kantor pos, PMI, dll)

  1. d) Outdoor Learning/ Outing Class

Siswa melaksanakan pembelajaran/ observasi/ melihat langsung di sumber belajar di luar sekolah.

Outdoor learning/ Outing Class dilaksanakan pada hari Sabtu sebanyak jumlah kelas pararel dalam setiap tahun pada jam sekolah, pkl 06.00 – 13.00. Ketersediaan waktu digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan lokasi /tujuan

  1. e) Students Empowerment Programs

Sekolah mendatangkan narasumber : praktisi, dan lain-lain Students empowerment Programsdilaksanakan di sekolah.

  1. f) Hot Spot Area

Membiasakan siswa untuk mengakses informasi bahan ajar dari internet, meliputi : perkembangan teknologi,

  1. g) Greening School, kegiatan dalam rangka menciptakan lingkungan belajar yang hijau dan nyaman. Kegiatan ini dilaksnakan setiap hari Jum’at. Salah satu kegiatan yang dikembangkan adalahSASISATA (Satu Siswa Satu Tanaman)
  2. h) Kotak Saran SMPN I Sumenep sebagai prosedur kritik, saran dan pengaduan wali murid. Kotak saran sebagai bagian  dari Unit Pengaduan Layanan Sekolah
  3. i) Sistem Informasi Sekolah Terpadu (SISTER).

Memberikan layanan informasi tentang sekolah secara on line yang bisa diakses langsung oleh siswa, orang tua dan masyarakat umum

  1. j) English Day sebagai upaya meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam berbahasa Inggris yang diadakan setiap hari Rabu
  2. k) Bimbingan Peserta Olimpiade, untuk mempersiapkan siswa secara khusus dalam mengikuti olimpiade sains, melalui seleksi, pembinaan dan ujicoba secara intensif. Kegiatan ini dilembagakan dalam bentuk Pembinaan Olimpiade (BINOL)
  3. l) Kompetisi Matematika (Komet), ajang seleksi calon siswa yang berbakat dalam bidang pelajaran Matematika.
  4. m) Galeri Karya Siswa, sebagai bentuk apresiasi terhadap karya siswa yang didokumentasikan dalam tempat khusus. Secara khusus galeri ini memamerkan karya hasil daur ulang sampah anorganik yang ada di sekolah.
  1. Fasilitas-fasilitas UPT SMPN 1 Sumenep

UPT SMPN 1 Sumenep berdiri di atas tanah seluas 8.235 m2 , sedangkan luas tanah yang terbangun 2.986 m2, dan tanah yang siap bangun 450 m2. Jumlah rombongan belajar di SMPN 1 Sumenep sebanyak 27 rombel, sedangkan jumlah siswanya pada tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 912.

Dan guna meningkatkan pelayanan yang prima, maka fasilitas-fasilitas penunjang pembelajaran di UPT SMPN 1 Sumenep antara lain : ruang laboratorium IPA, bahasa, ruang multimedia, ruang keterampilan, ruang kesenian, ruang pamer karya siswa. Sedangkan untuk menunjang pengadministrasian yang baik ditunjang dengan ruang kepala sekolah dan wakasek, ruang guru, ruang tata usaha, BK, ruang tamu, selain itu ditunjang juga dengan dengan ruang dapur, gudang, ruang reproduksi, kamar mandi/WC siswa, guru, dan tamu, UKS, PMR/Pramuka, OSIS, ruang ganti, ruang koperasi, musholla, hall/lobby, kantin, rumah pompa/menara air, bangsal kendaraan, rumah penjaga, dan pos jaga.

 

  1. Prestasi Sekolah dan Siswa

Dalam perjalanannya, UPT SMPN 1 Sumenep telah banyak meraih prestasi baik tingkat kabupaten sampai dengan tingkat nasional,  di antaranya lomba Sekolah Adiwiyata Tingkat  Nasional Tahun 2010, juara 2 lomba kinerja se-kabupaten Sumenep tahun 2011. Adapun untuk mencapai sekolah adiwiyata nasional UPT SMP Negeri 1 Sumenep harus memenuhi kriteria penilaian sebagai berikut: a) Kebijakan, b) Kurikulum, c) Partisipasi, dan d) Sarana dan prasarana/prasarana.

Sedangkan prestasi yang diraih guru-guru UPT SMPN 1 Sumenep di antaranya juara 1 lomba guru berprestasi tingkat kabupaten selama tiga tahun terakhir secara berturut-turut. Dan prestasi siswa baik di bidang akademik maupun nonakademik dapat diamati pada tabel berikut,

  1. Prestasi Akademik: NUAN
No.Tahun Pelajaran Rata-rata NUAN
Bhs IndonesiaIPAMatematikaBahasa InggrisJumlahRata-rata tiga mapel
1.2007/20087,918,218,928,7633,808,45
2.2008/20098,778,509,549,3636,179,04
3.2009/20108.538.288.588.7634.158.54
4.2010/20119.6010.0010.0010.0038.4534.51

Prestasi Akademik: Peringkat rerata NUAN

No.Tahun PelajaranPeringkat
Tingkat Kecamatan (Rayon)Tingkat Kab/KotaTingkat Propinsi
Sek. NegeriSek. SwastaSek. Negeri dan SwastaSek. NegeriSek. SwastaSek. Negeri dan SwastaSek. NegeriSek. SwastaSek. Negeri dan Swasta
1.2007/20081  1     
2.2008/20091  1     
3.2009/20101  1     
4.2010/20111  1     
  1. Prestasi Akademik: Nilai Ujian Sekolah (US)
NoMata PelajaranRata-rata Nilai US
2008/20092009/2010
1AGAMA8,187.98
2PKN8,318.35
3BAHASA INDONESIA
4BAHASA INGGRIS
5IPA
6IPS8,368.38
7PENJASKES8,608.87
8KERTAKES8,468.79
9MULOK : BAHASA DAERAH8,238.15
10T I K8,258.69
11PLH 8.81
  1. Angka Kelulusan dan Melanjutkan
No.Tahun AjaranJumlah Kelulusan dan Kelanjutan Studi
Jumlah Peserta UjianJumlah Lulus% Kelulusan% Lulusan yang Melanjutkan Pendidikan% Lulusan yang TIDAK Melanjutkan Pendidikan
1.2007/2008317317100%100%
2.2008/2009321321100%100%
3.2009/2010354354100%100%
4.2010/2011356356100%100%
  1. Perolehan Kejuaraan/Prestasi Akademik: Lomba-lomba
  • Juara I Olimpiade Fisika Provinsi Jawa Timur 2009
  • Juara I Olimpiade Sains Nasional Matematika Kabupaten Sumenep 2009
  • Juara II Olimpiade Sains Nasional Matematika Kabupaten Sumenep 2009
  • Juara I Student Smart Contest Kabupaten Sumenep 2010
  • Juara I Lomba Lukis Kabupaten Sumenep 2010
  • Juara I Realistik Mathematic Contest Kabupaten Sumenep 2010
  • Juara I Olimas Kabupaten Sumenep 2010
  • Juara I Lomba Cerdas Cermat Kabupaten Sumenep 2010
  • Juara I Lomba Pentas Seni Se-Jawa Timur 2010
  • Juara I Pythagoras Matematika se-Madura 2010
  • Juara Medali Perunggu IJSO di Nigeria dan Best Experiment 2010
  • Silver Medal of Biology olimpiad Science Camp 2011 Tingkat Nasional.
  1. Perolehan Kejuaraan/Prestasi Nonakademik
No.Nama LombaTahun 2007/2008Tahun 2008/2009
Juara ke:TingkatJuara ke:Tingkat
Kab/
Kota
Pro-pinsiNasio-nal Kab/
Kota
Pro-pinsiNasio-nal
1.TENIS MEJA1
1.BASKET KOBA SMUNSA11
2.BASKET HAORNAS11
3.BULU TANGKIS11
4.FESTIVAL BAND11
5.GELORA SWARA PELAJAR1

Data Siswa 6 (enam tahun terakhir):

Th. Pelajaran Jml Pendaftar
(Cln Siswa Baru)
Kelas VIIKelas VIIIKelas IX Jumlah
(Kls. VII + VIII + IX)
Jml SiswaJumlah RombelJml SiswaJumlah RombelJml SiswaJumlah RombelSiswaRombel
2005/2006449317836283508102924
2006/2007518326831983618100624
2007/200856035693228317899525
2008/2009710335935693218101226
2009/201082528793359354997627
2010/201140828492809348991227
  1. Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Keberhasilan UPT SMPN 1 Sumenep dalam meraih prestasi dari tingkat kabupaten bahkan sampai tingkat internasional tentunya tidak lepas dari peran tenaga pendidik dan kependidikan di UPT SMPN 1 Sumenep. Tentang jumlah dan kualifikasi dari tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di  UPT SMPN 1 Sumenep untuk lebih jelasnya dapat diamati pada tabel di bawah ini,

1) Pendidik

  1. Kepala sekolah
  NamaJenis Kela-minUsiaPend. AkhirMasa Kerja
LP
1.Kepala SekolahH. MOHAMMAD ARIF, SE, S.PdL 49S127
2.Wakil Kepala SekolahFATIMATUS ZOHRA, S.Pd. P50S127
  1. Guru
  2. Kualifikasi Pendidikan, Status, Jenis Kelamin, dan Jumlah
No.Tingkat PendidikanJumlah dan Status GuruJumlah
GT/PNSGTT/Guru Bantu
LPLP
1.S3/S2516
2.S1111513544
3.D-4
4.D3/Sarmud
5.D2
6.D122
7.≤ SMA/sederajat
Jumlah161813552

2.Jumlah guru dengan tugas mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan (keahlian)

No.GuruJumlah guru dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan tugas mengajarJumlah guru dengan latar belakang pendidikan yang TIDAK sesuai dengan tugas mengajarJumlah
D1/D2 D3/
Sarmud
S1/D4S2/S3D1/D2 D3/
Sarmud
S1/D4S2/S3
1.IPA  66
2.Matematika  66
3.Bahasa Indonesia66
4.Bahasa Inggris55
5.Pendidikan Agama33
6.IPS55
7.Penjasorkes33
8.Seni Budaya33
9.PKn33
10.TIK/Keterampilan 22
11.BK3 3
12. Lainnya: PLH
B. Madura
2 2
1
      3
3
 Jumlah24850

2) Tenaga Kependidikan: Tenaga Pendukung

No.Tenaga pendukungJumlah tenaga pendukung dan kualifikasi pendidikannyaJumlah tenaga pendukung Berdasarkan Status dan Jenis KelaminJumlah
≤ SMPSMAD1D2D3S1PNSHonorer
LPLP
1.Tata Usaha91283112
2.Perpustakaan111
3.Laboran lab. IPA
4.Teknisi lab. Komputer
5.Laboran lab. Bahasa111
6.PTD (Pend Tek. Dasar)
7.Kantin
8.Penjaga Sekolah2112
9.Tukang Kebun333
10.Keamanan111
11.Lainnya: …….uks…………111
 Jumlah21513937121
  1. Struktur Organisasi  UPT SMPN 1 Sumenep

Untuk memberikan pelayanan maksimal, maka UPT SMPN 1 Sumenep mempunyai struktur organisasi sebagai berikut,

Kepala Sekolah                       : H. Mohammad Arif, SE. S.Pd

Wakil Kepala Sekolah               : Fatimatus Zohra, S.Pd.

Asisten Kurikulum                    : Rananto Wijaya, S. Pd.

Asisten Kesiswaan                             : Sri Indarti Umi Rahayu, S.Pd. M.Pd.

Asisten Humas                        : H. Moh. Muhsin, S.Pd. M.Pd.

Asisten Sarana & Prasarana       : Drs. Sutrisno

Asisten SDM                           : Sri Hartatik, S.Pd.

  1. Alumni

Sebagai sekolah tertua dan banyak mempunyai program unggulan serta mampu mencetak siswa berprestasi, UPT SMP 1 Sumenep juga banyak menghasilkan tokoh-tokoh serta pejabat yang mempunyai kedudukan penting, baik di bidang pemerintahan maupun di bidang usaha lainnya. Di antaranya yaitu; Malik Efendi, SH, MH (Anggota DPR Tk I Jawa Timur), H. Nurul Hamzah, M.Pd. (Mantan Kepala SMP 1 Sumenep, saat ini menjabat sebagai pengawas Diknas Kab. Sumenep), Didik Untung Samsidi, M.Si (Kepala Keuangan Kab. Sumenep), dr. H. Riska (wakil Direktur RSUD dr. Moh. Anwar Sumenep), H. Moh. Arif, SE, S.Pd. (Kepala SMP 1 Sumenep), H. Fatah Yasin, M.Si. (Kepala Disperindang Prop Jawa Timur), dr. Yuliono (Danrem Bali), Ir. Herman Purnomo (Kepala Bappeda Kab. Sumenep), H. Edi Rasiadi, M.Si. (Kepala Dinas PU Pengairan Kab. Sumenep), dr. Suharno, SP.PD (RSUD Prof. Dr. Margono Sukarjo, Purwokerto), Abd. Alwi, S.Sos. (Kepala Dinas Capil Kab. Pamekasan), dr. Husnul Mufidati, M.Kes (RSUD, Banyuwangi), Hasnayati, SE. (BPK, Jakarta) dll.

SMPN 1 SUMENEP

SMPN 1 SUMENEP

SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP SMPN 1 SUMENEP

 

Dikutip dari www.smpn1sumenep.net

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.